ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif permainan tradisional Lombok berbasis smart apps creator 3 pada siswa kelas III SDN Sintung Timur. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sintung Timur dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Sintung Timur yang berjumlah 32 orang. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif berupa saran dan kritik dari ahli, serta data kuantitatif dari hasil uji kevalidan dan kepraktisan. Pengembangan ini menghasilkan produk media interaktif permainan tradisional Lombok berbasis smart apps creator 3 yang didesain menarik seperti layaknya tampilan game online yang disertai fitur-fitur menarik seperti tampilan loading, login, menu utama, menu profil, menu kompetensi dasar, menu materi, menu evaluasi, dan menu game. Hasil dari uji kevalidanmen media memperoleh 92% dengan kategori sangat valid dan kevalidan materi memperoleh 93% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan kelompok kecil 96% dengan kategori sangat praktis, untuk uji coba kelompok besar 98% dengan kategori sangat praktis dan respon guru 97% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif permainan tradisional Lombok berbasis smart apps creator 3 yang didesain menarik dengan fitur-fitur beragam dinyatakan sangat valid dan sangat praktis, sehingga menjadi media pembelajaran interaktif yang sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran. Keywords: media, permainan, tradisional, sekolah dasar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024