Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan passing dan kontrol pemain futsal pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 9 Haruai. Metodologi penelitian kuantitatif deskriptif digunakan, dan tes serta observasi digunakan untuk memperoleh data. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Passing and Stopping Futsal”. Kesepuluh pemain futsal SMPN 9 Haruai dijadikan sampel dalam penelitian ini. Perolehan pengkajian menunjukkan, pemain futsal SMPN 9 Haruai mempunyai tingkat passing dan penguasaan baik dalam kegiatan ekstrakurikuler. Hal tersebut tampak dari perolehan tes passing menunjukkan, 4 pemain 40% dinyatakan memiliki tingkat keberhasilan yang “Baik”, 3 pemain 30% tingkat keberhasilannya “Cukup”, 2 pemain 20% memiliki tingkat keberhasilan “Kurang Baik”, 1 pemain 10% tingkat keberhasilannya “Sangat Kurang Baik”. Sementara itu, perolehan maksimum (paling banyak) sejumlah 76 perolehan minimum (paling sedikit) 44 dan rata-rata perolehan sebesar 62,6, yang berada dalam interval 58 < X < 67. , jadi secara total tingkat keberhasilan passing dan control masuk dalam kategori “baik”, Selaras dengan perolehan pengkajian, simpulannya ialah perlu dilakukan pembinaan yang lebih intensif untuk meningkatkan tingkat passing dan control pemain futsal di ekstrakurikuler SMPN 9 Haruai. Pembinaan tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan frekuensi dan kualitas latihan, serta memberikan materi latihan yang lebih terstruktur dan sistematis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024