Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2024): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Literasi Statistik Siswa MTs Ditinjau dari Gaya Belajar

Fitri, Rizki (Unknown)
Khairiani, Khairiani (Unknown)
Nuraini, Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistik siswa MTs ditinjau dari gaya belajar. Subyek penelitian melibatkan siswa kelas VIII-1 MTsN 2 Kota Lhoseumawe sebanyak 17 siswa, 3 siswa diantaranya dipilih sebagai subjek wawancara yaitu 1 siswa untuk setiap jenis gaya belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket untuk mengklasifikasikan siswa berdasarkan gaya belajar, tes uraian dan wawancara semi terstruktur untuk menganalisis kemampuan literasi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 siswa kelas VIII-1 diperoleh bahwa 7 siswa memiliki gaya belajar auditori, 4 siswa memiliki gaya belajar visual, 4 siswa memiliki gaya belajar kinestetik, dan 2 siswa memiliki gaya belajar auditori dan kinestetik. Subjek auditori mampu mengetahui informasi yang disajikan dalam soal dengan baik, mampu menafsirkan data dan mengambil keputusan, namun pada saat mengkomunikasikan subjek auditori tidak memberikan jawaban pernyataan yang benar. Subjek visual mampu mengetahui informasi yang disajikan dalam soal dengan baik dan benar, mampu menafsirkan data tabel ke diagram batang dan memberikan kesimpulan yang tepat, dan mampu menyajikan  proses pengolahan data dari bentuk diagram. Subjek kinestetik mampu menyajikan data atau informasi dalam soal dengan baik, mampu menafsirkan data dan mengambil kesimpulan, dan mampu mengkomunikasikan data yang baik. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa siswa dengan berbagai kecenderungan belajar yang berbeda memerlukan layanan belajar  yang berbeda, misalnya modifikasi model pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...