Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2024): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21

Muliana (Unknown)
Fonna, Mutia (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Problem-Based Learning (PBL) terhadap keterampilan abad 21 yang terdiri dari berpikir kritis, komunikasi, berpikir kreatif dan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode systematic literature review yang terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah perencanaan, di mana topik yang akan dibahas ditentukan serta kriteria artikel yang akan digunakan ditetapkan. Tahap kedua adalah pelaksanaan, yang melibatkan proses pencarian, pemilihan artikel, dan sintesis data. Tahap ketiga adalah pelaporan. Berdasarkan kajian terhadap 25 artikel nasional, 7 artikel membahas tentang 4C (Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, Collaboration), 3 artikel membahas tentang keterampilan berpikir kritis, 3 artikel membahas tentang keterampilan kolaborasi dan 2 artikel membahas tentang keterampilan berpikir kreatif sehingga ditemukan bahwa penerapan model PBL adalah solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, dan kolaborasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa PBL adalah metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan esensial untuk menghadapi tantangan abad 21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...