Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA)
Vol 3, No 3 (2024): Jurnal PKM Batasa

PENDAMPINGAN PENERAPAN DISIPLIN POSITIF PADA SEKOLAH DASAR DI JAKARTA PUSAT

Sari, Ani Interdiana Candra (Unknown)
Anggresta, Vella (Unknown)
Ail, Deden Ibu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Latar belakang penerapan disiplin positif di sekolah berasal dari kebutuhan untuk pendekatan yang lebih efektif dalam membentuk karakter siswa. Disiplin tradisional, yang sering melibatkan hukuman fisik atau verbal, terbukti kurang efektif dalam jangka panjang dan dapat berdampak negatif pada perkembangan mental dan emosional siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman berdasarkan disiplin positif di sekolah penggerak. Metode pelaksanaan menggunakan alur merdeka yang mencakup tahapan mulai dari introspeksi diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, hingga rencana aksi nyata. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan mengikuti alur Merdeka dengan baik. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias sesuai dengan tahapan yang ditetapkan dan berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dengan guru-guru di sekolah mereka guna menyusun implementasi disiplin positif di sekolah masing-masing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

batasa

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA) merupakan jurnal yang menerbitkan hasil dan karya di bidang C yaitu bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. semua hasil karya orisinil akan di review dan dipublikasikan di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun ...