Student Journal of Educational Management
VOLUME 4 NOMOR 1 JUNI 2024

Hubungan Budaya Sekolah dan Pengalaman Kerja dengan Kinerja Guru

Tuloli, Cindrawati (Unknown)
Arwildayanto, Arwildayanto (Unknown)
Razak, Intan Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan budaya sekolah dan pengalaman kerja dengan kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sejumlah 131 orang guru. Sampel yang ditetapkan untuk penelitian ini sejumlah 57 guru. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket untuk kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis korelasional berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Tengah dengan nilai hubungan sebesar 70,80% yang berada dalam kategori hubungan yang cukup kuat, (2) Pengalaman kerja memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Tengah dengan nilai hubungan sebesar 68,40% yang berada dalam kategori hubungan yang cukup kuat, serta (3) budaya sekolah dan pengalaman kerja secara bersama-sama memiliki hubungan signifikan dengan kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Tengah dengan nilai hubungan sebesar 81,30% yang berada dalam kategori hubungan yang kuat. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, tunjangan kinerja, pendidikan dan pelatihan bagi guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SJEM

Publisher

Subject

Education

Description

The aims of this Stdent Journal of Educational Management is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: ...