Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mengoptimalkan penggunaan gambar dan ilustrasi pada teks prosedur guna meningkatkan kepahaman pembaca, khususnya pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Pembacaan teks prosedur seringkali dihadapi dengan tantangan dalam memahami instruksi yang kompleks, dan penggunaan gambar dan ilustrasi dapat menjadi kunci untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian ini melibatkan eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, di mana kelompok eksperimen menerima teks prosedur yang telah dioptimalkan dengan penambahan gambar dan ilustrasi, sedangkan kelompok kontrol menerima teks prosedur konvensional. Data diukur melalui uji pemahaman dan keterbacaan teks prosedur, serta umpan balik subjektif dari partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengoptimalan teks prosedur dengan memasukkan gambar dan ilustrasi secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa kelas XI SMA. Analisis data juga mengungkap perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal keterbacaan dan tingkat kejelasan instruksi. Kesimpulan dari penelitian ini mendukung pandangan bahwa penggunaan gambar dan ilustrasi dalam teks prosedur dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Implikasi dari penelitian ini memberikan dorongan bagi para pendidik dan penulis teks prosedur untuk secara lebih aktif mengintegrasikan elemen visual guna mendukung pembelajaran siswa di tingkat SMA.Kata Kunci : Optimalisasi, Teks Prosedur, Gambar Ilustrasi, Strategi
Copyrights © 2023