MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 7 No 1 (2024)

Perencanaan Pendidikan Untuk Mengatasi Masalah-masalah Pendidikan Dasar Pada Level Makro, Mikro Dan Meso

septiaseh, dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan pendidikan mengatasi permasalahan pendidikan dasar pada tingkat makro, mikro, dan meso. Penelitian ini menggunakan studi literatur yang berkaitan dengan perencanaan pendidikan dan permasalahannya. Pengumpulan data menggunakan bantuan data BPS dan Google Scholar. Hasil penelitian ini adalah pertama adanya permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sistem pendidikan di Indonesia harus dirancang dengan mempertimbangkan banyak hal. Perencanaan pendidikan merupakan suatu kegiatan yang dapat melihat dan berdampak pada masa depan dalam hal penentuan prioritas, kebijakan dan biaya pendidikan dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, politik dan sosial. Sistem pendidikan di Indonesia telah banyak mengalami perubahan, hal ini disebabkan oleh perencanaan pendidikan yang kurang memahami aspek-aspek yang berkaitan dengan perencanaan, sehingga sistem pendidikan nasional yang dihasilkan kurang baik. Kedua peneliti tersebut menyatakan bahwa perencanaan sebagai fungsi manajemen sangatlah penting, bahkan melekat dalam kegiatan sekolah dan peningkatan pendidikan. Pemerintah perlu merancang perencanaan pendidikan secara terpadu dan komprehensif. Perencanaan mempunyai pengaruh besar terhadap pemerataan pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...