MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 6 No 2 (2023)

Problematika Perencanaan Pembelajaran IPS MI Nurul Islam Banjarmasin

Yuliani, Eka (Unknown)
Huriyah, Huriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Proses penyusunan perencanaan pembelajaran IPS penting dilakukan guru karena dengan perencanaan yang baik, maka guru akan mudah mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses penyusunan perencanaan pembelajaran IPS, problematika yang dihadapi guru pada penyusunan pembelajaran IPS, dan upaya mencari solusi atas permasalahan pada perencanaan IPS untuk Kelas IV. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan guru wali kelas IV dan objeknya problematika penyusunan perencanaan pembelajaran IPS kelas IV pada MI Nurul Islam. Teknik pengumpulan data yang dipakai merupakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dipakai ialah deskriptif kualitatif dengan model Miles and Hubermen. Hasil penelitian ini (1) komponen perencanaan pembelajaran yang disusun guru IPS kelas IV telah sesuai dengan komponen RPP yang ditetapkan Permendikbud, namun terdapat perbedaan pada penilaian hasil pembelajaran. (2) problematika yang dihadapi guru IPS kelas IV yaitu, (a) keterbatasan waktu yang dimiliki guru untuk menyusun RPP IPS, (b) Kesulitan dalam memilah media dan tidak mempunyai cukup waktu dalam membuat media sendiri, (c) kesulitan dalam menentukan alokasi waktu pada penyusunan RPP IPS. (3) Upaya mengatasi problematika penyusunan perencanaan pembelajaran IPS yaitu, (a) Mengadaptasi RPP yang tersedia serta membuat RPP pada awal semester, (b) Menggunakan video pembelajaran yang tersedia di Youtubeserta menggunakan media audio, dan (c) menggunakan model pembelajaran kooperatif serta memprioritaskan materi ajar dan memahami lebih mendalam terkait materi ajar sehingga dapat menentukan alokasi waktu yang tepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...