Tujuan penelitian ini untuk mengajarkan keterampilan berbicara bahasa inggris melalui strategi Information Gap Activities (IGA) berbasis gambar. Implementasi strategi IGA membagi siswa menjadi kelompok yang sama. Siswa kelompok A dan kelompok B adalah salah satu bagian dari kegiatan inti informasi. Kegiatan ini memberi siswa SMK Yatim Siak Hulu alasan perlunya berbicara menggunakan bahasa inggris. Berdasarkan pengalaman di lapangan, terdapat beberapa permasalahan siswa dalam belajar bahasa inggris siswa. Permasalahan tersebut datangnya dari faktor siswa dan faktor dari guru itu sendiri. Faktor penyebab yang datangnya dari siswa adalah; siswa memiliki rasa takut dan motivasi yang rendah dalam belajar bahasa inggris, mereka memiliki permasalahan dalam pronunciation, mereka masih memiliki rasa percaya diri yang rendah dalam berbicara, dan siswa masih kurang memiliki kosakata bahasa inggris..berdasarkan kondisi tersebut, penulis mencoba untuk menerapkan IGA (Information Gap Activities) untuk mengatasi masalah tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberi siswa SMK alasan pentingnya bahasa inggris untuk bahasa komunikasi. Adapun peningkatan keterampilan berbicara siswa smk yatim siak hulu menunjukkan 80 % hingga 100 % berhasil diprakttikan kemajuan sikap siswa aktif dan senang dalam berbicara bahasa inggris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran IGA dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023