Literasi anak di tingkat Sekolah Dasar menjadi fokus penelitian ini, menggagas suatu pendekatan holistik melalui program pengabdian masyarakat. Tujuan penelitian adalah meningkatkan minat baca dan literasi anak melalui kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas. Metode campuran digunakan untuk memahami dampak program dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Pendekatan dilakukan melalui pelatihan literasi, ceramah motivasi, dan penyediaan sumber daya literasi di satu Sekolah Dasar tertentu. Desain penelitian mencakup populasi siswa, guru, dan orang tua, dengan sampel yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian melibatkan angket minat baca, wawancara, observasi, dan data hasil belajar.Prosedur penelitian mencakup fase persiapan, pelaksanaan program, evaluasi dan pemantauan, serta analisis data. Etika penelitian diperhatikan dengan persetujuan dari pihak sekolah dan orang tua serta menjaga kerahasiaan data peserta.Melalui rinciannya, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang efektivitas program pengabdian masyarakat dalam menciptakan lingkungan literasi yang mendukung perkembangan anak-anak di Sekolah Dasar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan panduan bagi pembuat kebijakan dan praktisi pendidikan dalam upaya meningkatkan literasi anak di tingkat dasar.
Copyrights © 2024