Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2024): Volume 5 No 1 Tahun 2024

METODE STORYTELLING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS 4 SDN 11 PEMULUTAN

Arisandy, Desy (Unknown)
Oktriani, Hera (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Sekolah dasar negeri 11 pemulutan adalah salah satu sekolah dasar yang terletak di desa babatan saudagar. Pola belajar yang dilakukan di sekolah dasar ini adalah pola belajar klasik dimana guru masih mendominasi kelas tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga menghambat proses pembelajaran siswa. Pola belajar yang dilakukan oleh guru disekolah ini hanya berfokus pada pemberian materi lalu memberikan tugas pada siswa, setelah itu guru meninggalkan siswa dikelas. metode yang digunakan yaitu menggunakan metode storytelling adalah cerita khayali yang dianggap tidak benar – benar terjadi, baik oleh penuturnya maupun oleh pendongarnya. Dongeng tidak terikat oleh ketentuan normatif dan faktual tentang pelaku, waktu dan tempatelakunya adalah makhluk – makhluk khayali yang memiliki kebijaksanaan atau kekurangan untuk mengatur masalah manusia dengan segala macam cara. hasil penerapan program kerja yang berhasil mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas 4 SDN 11 pemulutan. Jadi, dapat dikatakan bahwa metode storytelling menunjukkan adanya pengaruh terhadap perilaku bullying

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...