Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengajak siswa dalam penerapan teori belajar kognitif untuk meningkatkan perkembangan pengetahuan dan kecakapan dalam mata pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, khususnya dalam penguasaan kosa kata yang dimiliki. Pembelajaran tersebut mencakup aspek bahasa. Bahasa mengarah pada perbendahaaraan kata-kata (kosakata). Semakin banyak perbendaharaan seseorang maka baik pula cara menyampaikan bahasa, dan begitu pula sebaliknya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif, artinya yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi, dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Data kualitatif adalah bersifat induktif, yaitu suatu analisa berdasarkan data yang diperoleh. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon yang baik dari pihak sekolah dan kelompok guru. Kelompok guru dapat berperan sebagai pelaku aktif dalam perancangan, pelaksanaan dan evaluasi dengan menerapkan teori belajar kognitif peserta didik pada implementasi kurikulum merdeka agar perkembangan kognitif nya menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Copyrights © 2024