Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2024): Volume 5 No 1 Tahun 2024

PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS & BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH SMP SWASTA NASIONAL PETATAL

Rafika Muspita Sari (Universitas Asahan)
Susi Masniari (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengajak siswa dalam penerapan teori belajar kognitif untuk meningkatkan perkembangan pengetahuan dan kecakapan dalam mata pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, khususnya dalam penguasaan kosa kata yang dimiliki. Pembelajaran tersebut mencakup aspek bahasa. Bahasa mengarah pada perbendahaaraan kata-kata (kosakata). Semakin banyak perbendaharaan seseorang maka baik pula cara menyampaikan bahasa, dan begitu pula sebaliknya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif, artinya yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi, dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Data kualitatif adalah bersifat induktif, yaitu suatu analisa berdasarkan data yang diperoleh. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon yang baik dari pihak sekolah dan kelompok guru. Kelompok guru dapat berperan sebagai pelaku aktif dalam perancangan, pelaksanaan dan evaluasi dengan menerapkan teori belajar kognitif peserta didik pada implementasi kurikulum merdeka agar perkembangan kognitif nya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...