Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2024): Volume 5 No. 3 Tahun 2024

PELATIHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA GURU RUMAISA SCHOOL

Wijayaningputri, Arinta Rezty (Unknown)
Mukhlishina, Innany (Unknown)
Danawati, Murtyas Galuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Profil Pelajar Pancasila bagi guru di Rumaisa School. Penggunaan Profil Pelajar Pancasila dalam pendidikan menjadi penting karena Pancasila sebagai dasar negara perlu diperkuat dalam kesadaran dan pemahaman generasi muda. Metode yang digunakan adalah pelatihan praktis, diskusi, dan workshop untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para guru. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran sehari-hari. Keberhasilan pelatihan ini menunjukkan bahwa integrasi Profil Pelajar Pancasila dapat meningkatkan kesadaran dan nilai-nilai moral di kalangan siswa, serta memperkuat identitas nasionalisme. Hasil ini menjadi penting dalam menghadapi tantangan globalisasi yang mengancam keberlangsungan nilai-nilai lokal dan nasional. Pelatihan ini memberikan landasan bagi pengembangan pendidikan karakter yang lebih kuat di sekolah-sekolah, sesuai dengan visi pendidikan nasional yang mencakup pembentukan karakter bangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...