Pemilihan penggunaan pemasaran melalui social media menjadi pilihan utama yang dilakukan oleh pelaku usaha, sekarang ini penggunaan media sosial telah menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi. Social media memiliki dampak besar pada keberlangsungan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dampak yang terjadi ini antara lain penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat. Di era industri 4.0 konektivitas internet merupakan sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dalam segala bidang. Mengingat hal tersebut, maka sudah selayaknya UMKM mengadaptasi beragam hal yang penting agar mampu memanfaatkan era Industri 4.0 dengan baik. Para pelaku usaha harus memahami teknologi informasi, minimal dapat memanfaatkan gadgetnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberi sosialisasi terkait pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran digital guna peningkatan penjualan produk guna keberlangsungan usaha. Adapun manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu pelaku UMKM di Kelurahan Kembangan Selatan Jakarta Barat, sebagai dukungan kegiatan pendidikan bagi kita sendiri sebagai sarana dalam melakukan tri dharma perguruan tinggi, yaitu mengimplementasikan social media sebagai pemasaran digital dimana akan terus memberikan sifat yang up to date sehingga dapat memberikan layanan informasi produk yang ditawarkan secara jelas dan mudah terhadap konsumen. Luaran dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang di laksanakan di Kelurahan Kembangan Selatan Jakarta Barat yaitu: Publikasi ilmiah pada jurnal ber ISSN/prosiding, Publikasi pada media masa cetak/online/repocitory perguruan tinggi, Peningkatan daya saing (peningkatan kualitas, kuantitas, serta nilai tambah barang, jasa, diversifikasi produk, atau sumber daya lainnya), Peningkatan penerapan iptek di masyarakat (information technology, dan manajemen), Perbaikan tata nilai masyarakat (pendidikan).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024