Di Era digital ini, banyak para pengusaha kecil menengah harus stagnan dengan usahanya bahkan ada yang mendekati pada penghasilan yang merugi atau bangkrut. Pengusaha kecil menengah adalah mereka yang punya usaha didaerah-daerah pedesaan atau daerah pinggiran yang mana market mereka masih berbasis market tradisional. Namun sebagai akademisi yang dituntut bekerja pada penelitin dan pengabdian maka kita tidak boleh tutup mata akan permasalan ini, untuk itulah kami menawarkan kepada Mitra untuk merubah pola pandang mereka, bahwa diera digital ini market mereka harus berbasiskan digital dan tidak hanya market tradisional. Bahwa pembeli tidak hanya ada dimarket tradisional namun lebih banyak pembeli berada dimarket digital, untuk itulah kami menawarkan sebuah solusi untuk kelompok usaha briket arang serbuk gergaji untuk memasarkan produk mereka pada pasar digital berbasis e-commerce. Dengan market yang luas, produksi mereka meningkat dan pendapatan mereka meningkat pula. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah tatap muka langsung dengan mitra memberikan pelatihan kewirausahaan, manajemen usaha dan etika berbisnis didunia digital. Hasilnya bagus sekali, mitra telah memiliki pelanggan meningkat dan dasil produksi meningkat hampir 100% lebih dari market tradisional.
Copyrights © 2024