Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran IPAS tema Indonesiaku Kaya Raya dalam pembelajaran di sekolah sehingga implementasi pembelajarannya kurang maksimal khususnya pada siswa kelas V SDN Bumi Arum. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil peserta didik dan keaktifan siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan berbantuan media flip book untuk meningkatkan hasil belajar kognitif ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V di SDN Bumi Arum. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus,apabila belum berhasil akan dilanjutkan ke siklus berikutnya, akan dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN Bumi Arum tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pada hasil penelitian ini diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat meningkatkan hasil ranah kognitif, ranah afektif (keaktifan) siswa pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Raya di kelas V SDN Bumi Arum yang ditunjukkan pada hasil presentase pada siklus I diperoleh rata-rata 10% dan siklus II diperoleh rata-rata sebesar 93% untuk hasil ranah kognitif. Sedangkan untuk ranah afektif pada siklus I presentase 62% dan pada siklus II presentase 84% Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan perbantuan media flipbook dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran IPAS di kelas V SDN Bumi Arum. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Jigsaw; Media Flip Book, Hasil Belajar
Copyrights © 2024