Problem Based Learning (PBL) merupakan pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menyelesaikan suatu masalah tetapi untuk menyelesaikannya masalah peserta didik harus memiliki pengetahuan baru agar bisa menyelesaikannya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan metode problem based learning dalam menumbuhkan daya befikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitiannya adalah peserta didik dan guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem based learning dalam implementasinya antara guru peserta didik dan lingkungan sekitar, saat proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran problem based learning terdapat peserta didik yang sangat aktif dan ada beberapa peserta didik yang pasif, dalam pembelajaran terdapat kendala tetapi guru dapat ditangani oleh guru dengan cara memberikan motivasi, memberi motivasi serta mengkondisikan peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Dalam implementasi metode pembelajaran problem based learning kurikulum yang digunakan sangat cocok digunakan, sapras, dan guru mempunyai kreativitas dan lingkungan yang nyaman. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024