Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 4 (2024): Volume 5 No. 4 Tahun 2024

PENDIDIKAN LINTAS BUDAYA SEJAK DINI SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR BULLYING DI SEKOLAH DASAR

Risna Srinawati (Universitas Khairun)
Asri S. Tamalene (Universitas Khairun)
Pamuti Pamuti (Universitas Khairun)
M. Irfan Hasanuddin (Universitas Khairun)
Wulan Rahayu (Universitas Khairun)
Alifia Ansar (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Kasus bullying di kalangan siswa SD, termasuk di SD Negeri 1 Kota Ternate, menjadi perhatian serius di Indonesia karena dampak negatifnya pada kesehatan mental dan prestasi akademik siswa. Untuk meminimalisir bullying, program pengabdian masyarakat ini mengangkat topik pendidikan lintas budaya sejak dini untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan menghargai keberagaman. Metode pelaksanaannya terdiri dari tiga tahap: Menganalisis Kebutuhan Informasi Bullying melalui survei dan wawancara untuk memahami tingkat pemahaman tentang bullying. Memberikan Edukasi tentang Keberagaman dan Bahaya Bullying melalui pelatihan, poster, brosur, dan video edukasi untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang definisi, jenis, dan dampak bullying serta pentingnya menghargai perbedaan. Metode pembelajaran melibatkan diskusi kelompok, permainan, dan simulasi. Aplikasi dalam Masyarakat Sekolah dengan menerapkan kebijakan anti-bullying, pembentukan tim pendukung, dan kegiatan yang mempromosikan keberagaman seperti hari kebudayaan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman tentang bullying di kalangan siswa, guru, dan orang tua. Kesadaran siswa untuk melaporkan bullying meningkat, sehingga jumlah kasus bullying menurun. Edukasi keberagaman juga berhasil meningkatkan rasa saling menghargai antar siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan inklusif. Kesimpulannya, pendidikan lintas budaya sejak dini efektif dalam meminimalisir bullying di SD, menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung perkembangan sosial-emosional siswa. Implementasi berkelanjutan dan evaluasi rutin diperlukan untuk memastikan efektivitas program.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...