Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 5 (2024): Vol. 5 No. 5 Tahun 2024

PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN UNTUK GENERASI MUDA

Azizi, Muhammad (Unknown)
Ahmad, Srifatmawati (Unknown)
Ernayani, Rihfenti (Unknown)
Anantadjaya, Samuel PD (Unknown)
Lestari, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Peningkatan literasi keuangan di kalangan generasi muda menjadi perhatian utama dalam konteks pembangunan ekonomi berkelanjutan. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis metode serta praktik terbaik dalam meningkatkan literasi keuangan di kalangan pemuda melalui tinjauan literatur (literature review). Melalui kajian mendalam terhadap berbagai studi, buku, dan artikel terkait, artikel ini mengidentifikasi tantangan utama, seperti kurangnya pemahaman dasar mengenai perencanaan keuangan, pengelolaan utang, dan investasi. Selain itu, artikel ini menyoroti berbagai pendekatan efektif, termasuk integrasi literasi keuangan dalam kurikulum pendidikan formal, penggunaan teknologi digital, serta keterlibatan lembaga keuangan dan komunitas dalam penyuluhan keuangan. Dengan menekankan pentingnya pendidikan keuangan yang berbasis pada penelitian dan bukti, artikel ini memberikan rekomendasi strategis untuk pengembangan program literasi keuangan yang lebih efektif dan berkelanjutan. Temuan dari tinjauan literatur ini diharapkan dapat membantu pembuat kebijakan, pendidik, dan praktisi dalam merancang intervensi yang lebih baik untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan keuangan di kalangan generasi muda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...