Di era digital ini masyarakat diharapkan mampu menguasai teknologi dan mengoperasikannya. Hal ini juga berlaku bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Pelaku UMKM dituntut untuk bisa membuat pembukuan untuk laporan keuangan baik secara manual maupun secara digital. Laporan keuangan adalah catatan informasi suatu perusahaan pada periode akuntansi yang menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Selama ini para pelaku UMKM dan Perusahaan yang baru memulai usaha dalam mencatat pembukuan dan transaksi keuangan secara manual, sehingga mereka kesulitan dalam menentukan laba dan jumlah persediaan. Namun karena terdapat keterbatasan pengetahuan dalam mengelola atau membuat laporan keuangan yang cukup rumit seperti yang diterapkan perusahaan besar, maka pada akhirnya di era digitalisasi ini mulai tersedia berbagai pencatatan keuangan UMKM dengan aplikasi mobile seperti aplikasi BukuKas dan Buku Warung untuk UMKM. Aplikasi mobile ini dapat membantu pelaku UMKM dalam membuat laporan keuangan yang sederhana namun tetap sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang sosialisasi pembuatan pemrogaman mobile sistem ini menjadi signifikan untuk menunjang kemandirian manajemen sebuah perusahan. Oleh karena itu dirasa perlu diadakan Sosialisasi Pembuatan pemrograman mobile laporan keuangan di PT Abisakti Surya Megakon, maka dapat menjadikan bahan pemantauaan kas perusahaan.
Copyrights © 2024