Memilih media pembelajaran yang tepat penting sekali untuk membantu para guru menyampaikan pesan/pelajaran kepada para siswa. Namun sebelum memilih menggunakan media apa, seorang guru perlu mempetimbangkan beberapa aspek atau tahapan sehingga betul-betul sesuai dengan kebutuhan siswa, salah satunya menggunakan model ASSURE. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pengimplementasian model ASSURE dalam pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab di MTSS Istiqlal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara. Dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTSS Istiqlal, guru menggunakan sejumlah media pembelajaran seperti media Zoom, Power Point, Quizziz, Padlet, Google Classroom, Google Form, aplikasi game bahasa Arab Secil, aplikasi Jeruq yang dikolaborasikan dengan beberapa metode pembelajan diantaranya SQ3R, VAK, time token, role playing, think-pair-share, SFE. Penggunaan ragam media dan metode pembelajaran membantu guru untuk mencapai tujuan dalam kompetensi siswa yang ingin dicapai. Tentunya penggunaan ragam media dan metode tersebut didasari oleh penerapan model ASSURE.
Copyrights © 2024