Keterampilan berbahasa seseorang dipengaruhi oleh jumlah dan mutu kosakata yang dikuasai. Kesulitan siswa dalam mengingat kosakata bahasa Arab dan kurangnya motivasi disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menguji efektivitas penggunaan media Wordwall dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V di SD Amaliah Ciawi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah penggunaan media Wordwall efektif atau tidak dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V di SD Amaliah Ciawi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design, yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji t-test menunjukkan hasil signifikan sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Wordwall efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V di SD Amaliah Ciawi.
Copyrights © 2024