Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 6 No. 1 (2024): Juni 2024

Implementasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Menunjang Pemahaman Siswa MI di Era Society 5.0

Septia ningsih, farikha (Unknown)
Munawir (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa MI di era Society 5.0. Dalam era ini, teknologi telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam sektor pendidikan. Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, seperti Wordwall, telah digunakan sebagai salah satu alat untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan menarik. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran Fiqih di tingkat Madrasah Ibtidaiyah dengan materi Puasa Ramadan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dilakukan dengan tujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik subjek atau objek yang diteliti secara tepat. Peserta penelitian adalah siswa kelas III di MI Adipura Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dalam pembelajaran Fiqih secara signifikan meningkatkan motivasi dan minat siswa serta pemahaman mereka tentang Puasa Ramadan. Siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan mengembangkan keterampilan kognitif mereka melalui fitur interaktif Wordwall. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall, efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa MI di era Society 5.0.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

am

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

the scope of study are fundamental of Islamic education philosophy, history and the nature of Islamic education, development of Islamic educational institutions development of Islamic education curriculum, Islamic learning method and Islamic education teacher and others as well as studies of the ...