Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar hafalan surat pendek siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif pada tipe pembelajaran MTSN 3 Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID di MTSN 3 Karawang. Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi terdiri dari setiap siklus. Tes singkat menghafal huruf digunakan untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah intervensi pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar hafalan surat pendek siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman, retensi, dan kecepatan menghafal surat-surat pendek. Selain itu, suasana pembelajaran yang kolaboratif dan interaktif juga berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif meningkatkan hasil belajar hafalan surat pendek siswa di MTSN 3 Karawang.
Copyrights © 2024