Komparasi Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Solving (PS) pada Materi Perubahan Lingkuan kelas X SMA Negeri 5 PalopoPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komparasi Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Solving (PS) pada Materi Perubahan Lingkuan kelas X SMA Negeri 5 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dan bentuk desainnya menggunakan two group pretest-posstest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis inferensial menggunakan uji Anacova diperoleh nilai signifikansi 0,963 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Hal ini berarti tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving (PS).Kata kunci: problem based learning (pbl)-1, problem solving (ps)-2, hasil belajar-3
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024