Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Matematika

Ariyanti Utari Latifah (Unknown)
Auliya, Nanang Nabhar Fakhri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Latar belakang dari penelitian dan pengembangan yaitu bahan ajar E-LKPD yang dimanfaatkan untuk membantu kegiatan pembelajaran mtematika di MTs Manba’ul Ulum Gebog agar menarik minat siswa agar semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Aljabar kelas VII Madrasah Tsanawiah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu tahap pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebaran (Desseminate), dengan siswa kelas VII MTs Manba’ul Ulum sebagai subjek penelitian. Kelayakan produk pengembangan E-LKPD ini dinilai oleh para ahli dan tanggapan siswa. Hasil dari uji penilaian media dari para ahli mendapatkan kategori “Sangat Layak” dan “Layak” dengan nilai 85 dan 78. Hasil uji tanggapan siswa terhadap E-LKPD dari skala besar dan kecil mendapatkan kategori “Sangat Layak” dan “Layak” dengan memperoleh nilai 91,4 dan 73,3. Dari data penilaian ahli dan tanggapan siswa, maka bahwa E-LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan, dan membantu menambah kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ppm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika ISSN 3030-9263 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...