Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 12 No. 1 (2024)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaran CERDAS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan

Lasambu, Sri Rezeki (Unknown)
Zakaria, Perry (Unknown)
Oroh, Franky Alfrits (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media pembelajaran Celemek Bangun Ruang Sisi Datar (CERDAS). Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri Daerah Kotabunan pada tahun ajaran 2021-2022 semester genap. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 21 siswa dan seorang guru sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa dan tes hasil belajar. Penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 71,43% menjadi 92,86%. Selanjutnya hasil pengamatan siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik juga maningkat dari 71,43% menjadi 92,86%. Untuk hasil belajar mengalami peningkatan yaitu 71,43% menjadi 85,71%. Semua aspek penilaian telah mencapai indikator keberhasilan belajar pada siklus II dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe “STAD” berbantuan media pembelajaran “CERDAS”.

Copyrights © 2024