Penyelesaian luas bangun datar segi empat cendrung hanya mengandalkan kemampuan menghafal siswa dan dalam penyempaianya masih bersifat satu arah serta belum memuat penyampaian konsep luas bangun datar segi empat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif berorientasi pada konsep luas bangun datar segi empat kelas VII SMP melalui tahapan pengembangan model Borg and Gall dengan tujuan dapat menyelesaiakan masalah tersebut. Melalui tahapan Borg and Gall dihasilkan media pembelajaran interaktif dengan hasil analisis pada tahap uji ahli dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi memperoleh rata-rata persentase berturut turut 84,8% dan 96% yang dikategorikan “sangat layakâ€. Selanjutnya dari hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase 83% kriteria sangat baik. Selanjutnya pada tahap uji coba lapangan utama diperoleh dari hasil guru dan siswa dengan rata-rata persentase sebesar 96% dan 91% yang dikategorikan sangat baik, pada penelitian ini dilakukan uji keefektifan media berdasarkan penyelesaian quiz dengan rata rata yang diperoleh siswa yaitu 88,7% sehingga media pembelajaran dalam penelitian  ini dikatakan layak dari segi kevalidan, keprektisan dan keefektifan untuk dapat diimplementasikan atau digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas. harus jelas, ringkas, dan deskriptif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024