Jurnal Pendidikan Guru
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Guru

PERSEPSI MAHASISWATERHADAPPENGGUNAAN CHATGPTDALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN DI IAIN CURUP

Haviki, Nando (Unknown)
Siswanto, Siswanto (Unknown)
Novalia, Novalia (Unknown)
Jumaini, Nuriska (Unknown)
Purnamasari, Nurlaili (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa PAI angkatan 2021. Adapun tujuan penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan chat GPT dalam aktivitas pembelajaran. Kedua, untuk mengetahui bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan chat GPT dalam aktivitas pembelajaran. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pedekatan deskriftif. subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa PAI angkatan 2021. Jenis data kualitatif, sumber data yakni primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Tringulasi data berupa tringulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian berupa pertama, persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Chat GPT dalam aktivitas pembelajaran menunjukkan adanya beragam pandangan dan pengalaman. Secara umum, mahasiswa menilai penggunaan Chat GPT memberikan dampak positif dalam memudahkan akses informasi dan membantu dalam menyelesaikan tugas akademis. Namun, terdapat juga beberapa kekhawatiran terkait, seperti potensi penurunan kreativitas dan risiko plagiarisme. Kedua, ChatGPT memiliki banyak manfaat dalam membantu proses pembelajaran, ada beberapa perhatian dan tantangan yang perlu diperhatikan. Pengawasan yang tepat, penggunaan yang bijaksana, dan kesadaran akan keterbatasan teknologi ini sangat penting untuk memastikan bahwa ChatGPT benar-benar mendukung proses belajar yang efektif dan etis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurpendigu

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Guru menerima hasil karya ilmiah, studi pustaka dan hasil penelitian yang di lakukan oleh guru, dengan kajian seputar peningkatan pendidikan di Indonesia, mencakup multidisiplin keilmuan tetapi masih dalam lingkup kajian pendidikan, dengan tujuan memajukan pendidikan di Indonesia ...