Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengembangan, kelayakan dan keberterimaan media SIPINTAR dalam mata pelajaran matematika materi bangun datar bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Metode Research and Development dipergunakan pada penelitian ini dengan menggunakan penngembangan ADDIE yang terdapat 5 tahap yakni analysis, design,development, implementation, evaluation. Data yang didapatkan dari wawancara dan angket. Perolehan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk mata pelajaran matematika materi bangun datar. Media pembelajaran ini merupakan pengembangan dari media powerpoint yang di export dalam bentuk aplikasi sehingga bisa diakses pada semua sistem andorid. Perolehan validasi ahli media satu menghasilkan persentase kevalidan 84%, sementara ahli materi dua menghasilkan persentase 94% dengan kategori keduanya “sangat validâ€. Perolehan validasi ahli materi satu menghasilkan persentase 81,33%, sementara validasi ahli materi kedua menghasilkan persentase 93,33% dengan kategori “sangat validâ€. Pada uji coba lapangan mendapat perolehan dari anget guru 95% dengan kategori “sangat baik†dan respon siswa 97,69% dengan kategori “sangat baikâ€. Dari persentase dari uji tersebut, maka mmedia SIPINTAR diterima dengan sangat baik dan layak dijadikan media pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.
Copyrights © 2024