Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor penyebab model dan karakter pembelajaran guru yang monoton, kurang kreatif dan inovasi baru pada pembelajaran tematik dan adanya permasalahan karakter yaitu pembelajaran guru masih belum menglengkapi perangkat pembelajaran, guru membutuhkan waktu untuk mengenal dan memahami perkembangan siswa, serta kurangnya inovasi dalam perencanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun alasan kenapa dipilih metode kualitatif adalah, karena masalah penelitian ini masih belum jelas atau atau belum ada data yang cocok tentang masalah yang akan diteliti. Oleh karena itu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan eksplorasi terhadap objek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas II di SD Negeri 4 Tegorejo sudah terlaksana cukup baik. Hal tersebut dapat didukung oleh beberapa tahap yaitu Perencanaan pembelajaran, yang meliputi perumusan tujuan pengajaran, penetapan kegiatan belajar mengajar, penetapan metode dan alat pengajaran dan penetapan pola evaluasi sudah sesuai dengan strandar kurikulum. Pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, yang meliputi penyampaian materi pelajaran, penggunaan metode/teknik mengajar, penggunaan media dan alat pelajaran, penciptaan interaksi belajar mengajar di kelas dengan baik. Evaluasi Pembelajaran yang sudah sesuai dengan pembelajaran tematik. Â
Copyrights © 2024