Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui kevalidan pengembangan media evaluasi pembelajaran teka-teki silang pada materi sistem pernapasan kelas V Sekolah Dasar. 2) Mengetahui kepraktisan dalam penggunaan media evaluasi pembelajaran teka-teki silang pada materi sistem pernapasan kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah menggunakan metode Research Development (RD) dan menggunakan  model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian yang telah di lakukan yaitu media  ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang†valid dan praktis digunakan untuk Sekolah Dasar, media ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang†desainnya menarik dilengkapi dengan gambar hewan dan gambar manusia, hasil kevalidan  media ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang†telah valid diuji oleh ahli media dari dosen dengan skor 97,5%, ahli materi oleh dosen 88,75%, ahli media oleh guru 98,75%, ahli materi oleh guru 96,75%. Sedangkan respon guru pada media ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang†memperoleh skor 90% dan respon siswa mendapat skor 97,5%. Media evaluasi ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang†dapat dikatakan valid dan praktis karena sudah mencapai skor kriteria “sangat baikâ€.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024