Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis mengenai implementasi dari kegiatan bina pribadi islami yang diterapkan oleh sekolah SD Negeri 108306 melalui kegiatan mengaji sebagai upaya dalam membentuk karakter peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang cukup signifikan terkait pembentukan karakteristik peserta didik di SD Negeri 108306 yang dilakukan melalui penerapan program kegiatan bina pribadi islami melalui kegiatan mengaji, khususnya terhadap pembentukan karakter religius peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menerapkan program pembinaan kepribadian berbasis keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik. Temuan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak terkait, termasuk lembaga pendidikan, guru, dan orang tua, dalam merancang program dan kegiatan yang mendukung pembentukan karakter para peserta didik sejak dini.
Copyrights © 2024