Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 13, No 2 (2024): Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam

Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Model Medan

Priska, Priska (Unknown)
Sapri, Sapri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki kesulitan yang muncul saat menerapkan mata kuliah Studi Mandiri dan Fiqh di Model Medan Man 2. Pembelajaran mandiri, sebuah pendekatan inovatif untuk pendidikan, memberikan guru dan siswa kebebasan untuk memilih gaya belajar yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, ada beberapa tantangan dalam menerapkan pembelajaran mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mempelajari berbagai masalah yang dihadapi guru Fiqih saat menerapkan Program Mandiri. Permasalahan tersebut termasuk masalah mengemas dan menyampaikan materi pelajaran serta berbagai perubahan perilaku yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru harus cukup siap untuk menyiapkan praktik pembelajaran yang sesuai dengan visi sistem baru saat menerapkan Kurikulum Mandiri. Selain itu, perlu ada kerja sama dari semua pemangku kepentingan, termasuk kepala sekolah, siswa, orang tua, guru, dan pemangku kepentingan lainnya, untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan pemahaman yang jelas mengenai tantangan yang ada, kami yakin bahwa penerapan pengajaran Merdeka di pendidikan formal akan menjadi langkah penting dan perlu dalam pengembangan pengajaran di MAN 2 Model Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadib

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ta'dib : Jurnal Pendidikan Islam focuses on research results relating to the issue of Islamic religious education. The scope of Journal (but not limited) are: Philosophy of Islamic Education; History of Islamic Education; Theological Foundation of Education; Policies of Islamic Education; Politics ...