Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pendidikan Islam Muslim Tionghoa yang muallaf di Medan dan kondisi muslim Tionghoa di Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (action research). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Sumber data utama berasal dari dua orang subjek penelitian dan sumber data sekunder berasal dari literatur terkait pendidikan Islam bagi Muslim Tionghoa di Indonesia. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pendidikan Islam kaum minoritas Muslim suku Tionghoa di kota Medan dipengaruhi oleh organisasi PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) diantara perannya memberikan bimbingan dan pendidikan agama Islam, pendekatan persuasif, membangun relasi dan memberikan edukasi. Bagi muslim Tionghoa setelah mereka memeluk Islam mereka tetap menjaga Adat istiadat di kalangan Tionghoa yakni tradisi Imlek dan Ceng Beng (mengunjungi makam nenek moyang). Penelitian ini diharapkan dan ditujukan kepada masyarakat agar menjadi bahan rujukan dalam menjaga kerukunan umat antar beragama, saling menghormati dan menghargai baik dalam agama, budaya bahkan kehidupan sosial.
Copyrights © 2024