SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 6 (2023): SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Optimalisasi Branding Gethuk Goreng Sebagai Upaya Pelestarian Kuliner Kearifan Lokal Desa Pandak Baturraden Banyumas dengan Penerapan Metode Marketing Mix

Dyah Handayani Dewi (Unknown)
Firdaus, Achmad (Unknown)
Riandi, Nova (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Kuliner kearifan lokal merupakan Tradisi kuliner berbasis pangan lokal dan bentuk kearifan local sebagai gambaran pola-pola hidup masyarakat yang mampu menghadirkan identitas kolektivitas dan representasi sosial budaya dalam mengkonsepkan makanan, fungsi sosial makanan. Dengan menggunakan Marketing mix atau bauran pemasaran adalah suatu strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan. Konsep besar dari marketing mix adalah memastikan pilihan produk tepat, di waktu dan tempat yang tepat, juga dengan harga yang tepat. Marketing mix mengandalkan sejumlah unsur promosi yang dimaksimalkan demi mencapai target penjualan. Marketing Mix ini terdiri dari tujuh elemen penting yakni : 1. product, 2. price, 3. place, 4. promotion, 5. people, 6. process, 7. Physical evidence. Diharapkan dengan strategi ini dapat memberikan perubahan dalam peningkatan branding gethuk goreng yang ada di Desa Pandak Baturraden.

Copyrights © 2023