Tujuan dilaksanakannya pendidikan inklusif adalah memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk memenuhi hak anak penyandang disabilitas yaitu belajar bersama dengan siswa lainnya di lingkungan sekolah. Penyelenggaraan sekolah inklusif harus menginisiasi budaya inklusif, dan lingkungan yang ramah terhadap anak penyandang disabilitas. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan inklusif di Kabupaten Bandung Barat. Data yang diolah diperoleh melalui studi literatur, wawancara, dan observasi lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penyelenggaraan sekolah inklusif belum merata di setiap daerah, belum mempunyai aksesibilitas yang memadai, dan belum terpenuhinya tenaga pendidik yang berkompeten di bidang pendidikan khusus. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah pemerintah melakukan sosialisasi kebijakan keseluruh pelaksana kebijakan, memperhatikan kompetensi sumber daya manusia, serta melakukan supervisi implementasi pendidikan inklusif, memberikan aturan jelas terkait dokumentasi kurikulum pendidikan inklusif.
Copyrights © 2024