Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

ANALISIS KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA PESERTA DIDIK AUTISME LOW FUNCTION

Tamrin, Maisaroh (Unknown)
Hasanati Ulfa, Liya (Unknown)
Maharani Putri, Nazwa (Unknown)
Pitroturohmah, Putri (Unknown)
Najmi Laila, Alya Nur (Unknown)
Hasanah, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Matematika adalah pelajaran yang diajarkan di semua jenjang sekolah, baik di sekolah umum maupun sekolah khusus. Kemampuan awal matematika merupakan keterampilan dan pemahaman dasar yang dimiliki oleh seorang peserta didik sebelum memulai pembelajaran matematika yang lebih kompleks.  Kemampuan awal matematika ini sangat penting karena menjadi pondasi bagi peserta didik untuk membangun pemahaman dan keterampilan matematika yang lebih tinggi. Namun, hal tersebut akan lebih sulit dipahami oleh anak autisme low function. Fokus penelitian ini adalah anak-anak dengan autisme low function yang bersekolah di salah satu sekolah luar biasa di kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kemampuan awal matematika pada peserta didik autisme low function dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan autisme fungsi rendah masih memiliki kemampuan matematika awal yang buruk dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa siswa autis yang berfungsi rendah memiliki IQ berpikir kompleks yang lebih rendah dibandingkan siswa pada umumnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti (JPICB) adalah jurnal pendidikan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti dengan Nomor : B.31.489.1/2379/SLBN1BDG/DIKPORA dan Nomor : 292/F73/NOK/V-2023. Jurnal ini adalah jurnal kemitraan antara SLB Negeri 1 ...