Pembelajaran diferensisasi merupakan suatu proses pembelajaran peserta didik yang mengarah pada materi pembelajaran sesuai dengan latar belakang peserta didik, kemampuan, minat, bakat dan kebutuhan dari setiap peserta didik dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran diferensiasi berbasis kurikulum merdeka untuk anak usia dini di TK St. Theresia Mangulewa. Metode penelitian yang digunakanyaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Tk St. Theresia Mangulewa dalam pembelajaran diferensiasi pada proses pembelajaran mengenal huruf dan menggali pemahaman anak dalam mengenal jenis dan macam-macam huruf melalui kegiatan menyusun kalimat dengan kata “Kami Anak Hebat” yang dibagi menjadi tiga kegiatan dimana anak-anak terbagi dalam 3 kelompok menggunakan bahan dan alat yang berbeda-beda yakni; menggunting huruf, kerang laut dan plastisin dengan kegiatannya masing-masing.
Copyrights © 2024