Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam memotivasi siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kutawaluya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada wakil kepala sekolah kurikulum, guru dan siswa kelas VIII. Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperan sebagai motivator bagi siswa, sudah berjalan dengan baik dan ditandai dengan hasil pengamatan secara langsung yaitu dengan menggunakan sebuah motivasi dan upaya pendekatan dengan siswa, menggunakan metode pembelajaran seperti video learning atau pembelajaran dengan menggunakan video yang mereka sukai karena dengan metode yang disukai oleh mereka, maka semangat belajar mereka akan semakin meningkat. Upaya memotivasi siswa guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut; (1) bersikap terbuka kepada siswa, artinya guru harus dapat mendorong siswanya agar berani mengungkapkan pendapatnya dan menanggapinya dengan positif; (2) membantu siswa agar memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal; (3) menciptakan hubungan yang serasi dan penuh kegairahan dalam interaksi belajar mengajar di kelas.
Copyrights © 2024