Cendikia Pendidikan
Vol. 2 No. 8 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

STRATEGI PEMBELAJARAN

Ina Magdalena (Unknown)
Shiva Makbullah (Unknown)
Risma Ariyanti Sakinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Strategi pembelajaran adalah inti dari pengalaman pendidikan yang efektif dan berkualitas. Artikel ini mengeksplorasi berbagai jenis strategi pembelajaran, baik yang aktif maupun pasif, serta implikasi praktisnya dalam konteks pendidikan modern. Diskusi dimulai dengan menjelaskan konsep dasar strategi pembelajaran dan pentingnya adaptasi strategi dalam proses belajar mengajar. Analisis mendalam tentang jenis strategi aktif seperti cooperative learning, problem-based learning, dan discovery learning memberikan pemahaman yang komprehensif tentang keunggulan dan keterbatasan masing-masing pendekatan. Di sisi lain, pembahasan tentang strategi pasif seperti lecture-based learning, demonstrasi, dan drill and practice menyoroti keefisienan mereka dalam transfer pengetahuan tetapi juga tantangan dalam mendorong keterlibatan siswa secara aktif. Selain itu, artikel ini mengeksplorasi penerapan strategi pembelajaran di berbagai konteks pendidikan formal dan non-formal, serta keterkaitannya dengan kemajuan teknologi. Studi kasus tentang suksesnya penerapan strategi pembelajaran dan dampak positifnya menyoroti bagaimana strategi yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang dinamis. Kesimpulannya, pemilihan, implementasi, dan adaptasi strategi pembelajaran menjadi esensi dalam membentuk lingkungan belajar yang inklusif dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...