Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 9 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS FENOMENA (PHENOMENON BASED LEARNING) PADA MATERI ASAM BASA KELAS XII SMA/MA SEDERAJAT

Vivi Ersa Resty (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2024

Abstract

Salah satu kompetensi pada keterampilan abad-21 menekankan pada kemampuan berpikir peserta didik. Strategi pembelajaran aktif dan mandiri mendorong peserta didik untuk menumbuhkan kreatifitas, kemandirian, dan kerja sama. Pemahaman konsep secara mandiri mengacu pada kemampuan peserta didik menggunakan kemampuan, fakta, dan data untuk dapat memahami konsep. LKPD berbasis fenomena (Phenomenon Based Learning) yang dikembangkan dengan sintak pembelajaran berbasis fenomena (Phenomenon Based Learning) dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menganalisis fenomena dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mengaitkannya dengan materi yang sedang dipelajari, meningkatkan peran aktif peserta didik dan membangun rasa percaya diri dengan menjelaskan hasil penyelidikan di depan kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)), dengan moodel pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Plomp. Proses penyusunan LKPD sesuai dengan draft diatas yang dilakukan dengan aplikasi Canva dan kemudian direalisasikan dengan dicetak atau hardfile. LKPD berbasis fenomena (Phenomenon Based Learning) diuji validitasnya sebelum digunakan dalam proses pembelajaran dikelas (Sugiyono, 2019).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...