Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 2 No 1 (2023): Volume 2 Nomor 1 Desember 2023 : Jurnal PGMI

ANALISIS EFEKTIVITAS KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK

Zahrotun, Isna (Unknown)
Kamal, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan program terbaru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dari Kabinet Indonesia Maju. Kurikulum ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemandirian, motivasi, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaranKeterampilan berpikir kritis ini merupakan keterampilan yang dapat dipelajari dan dapat dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis tidak akan berkembang dengan baik tanpa ada usaha sadar untuk mengembangkannya selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kurikulum Merdeka dalam meningkatkan berpikir kritis. Dalam penelitian ini menggunakan kualitataif di mana hasil akhir penelitian ini berupa data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Faktor-faktor seperti pendekatan pembelajaran berbasis proyek, penekanan pada keterampilan analisis, dan integrasi mata pelajaran memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan berpikir kritis. Implikasi penelitian ini mendukung keberlanjutan dan peningkatan implementasi Kurikulum Merdeka dalam upaya memajukan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan kognitif tingkat tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgmi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is published by department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Ngawi. an academic, open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of ...