Penelitian ini merupakan studi literatur dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan tinjauan terhadap literatur yang mencoba menjelaskan inovasi pembelajaran menyenangkan dengan penggunaan pembelajaran berbasis teknologi digital. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan berbagai sumber referensi seperti artikel, buku, Jurnal dan wawancara yang berkaitan dengan penelitian ini. Studi literatur ini berfokus pada inovasi pembelajaran, teknologi digital dalam pendidikan, dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi merupakan suatu proses pembaharuan dan perubahan. Dunia pendidikan berkembang seiring dengan berkembangnya bidang lain dan memerlukan inovasi untuk mengimbanginya. Penggunaan teknologi mempunyai dampak positif dan negatif. Agar pemanfaatan teknologi dapat mencapai tujuannya harus terjalin kerjasama yang baik antar berbagai pemangku kepentingan, maka dampak yang ditimbulkan dapat dipusatkan pada dampak positif dan dampak negatifnya dapat diminimalisir. Peran inovasi pendidikan dalam pembelajaran menggunakan teknologi digital sangatlah penting, optimal dan menyeluruh memerlukan inovasi. Seluruh elemen masyarakat diharapkan mendukung dan berkolaborasi untuk mengoptimalkan berbagai inovasi pendidikan dan berbasis teknologi digital. Teknologi yang ada saat ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara efektif baik oleh siswa dan pendidik.
Copyrights © 2024