Cendikia Pendidikan
Vol. 4 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Blok Pecahan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 68 Center Galesong II Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar

Sunarti (Unknown)
Sirajuddin (Unknown)
Jariah, Ainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Masalah utama dalam kegiatan belajar adalah kurang optimalnya guru dalam melaksanakan pembelajaran. Media yang digunakan belum efektif bagi siswa, masalah yang disajikan kurang menyentuh pada pengalaman nyata siswa. Hal ini yang membuat siswa kurang memahami materi pelajaran sehingga dalam tes hasil belajar siswa banyak yang nilainya tidak mencapai KKM yang ditetapkan di SDN 68 Center Galesong II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan pembelajaran matematika realistik berbantuan media blok pecahan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebnayak 20 siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas belajar siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah pelaksanaan tindakan selama 2 (dua) siklus yaitu : adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dari nilai rata-rata siswa yaitu 68,75 menjadi 94 serta berdasarkan ketuntasan hasil belajar dari 9 siswa tuntas dan 11 orang tidak tuntas dan 11 orang tidak tuntas menjadi 20 siswa. Berdasarkan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Blok Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 68 Center Galesong II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...