Motivasi belajar merupakan faktor kunci yang mempengaruhi prestasi akademik anak-anak pada tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk meninjau peran psikologi pendidikan dalam memperkuat motivasi belajar anak SD guna meningkatkan prestasi akademik mereka. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai teori dan penelitian terkait untuk mengeksplorasi strategi efektif dalam membangun motivasi intrinsik anak-anak, meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran, dan membantu mereka mengatasi hambatan-hambatan dalam proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti dukungan keluarga, gaya pembelajaran, hubungan dengan guru, dan lingkungan sekolah memainkan peran penting dalam mempengaruhi motivasi belajar anak. Penelitian ini memberikan panduan praktis bagi pendidik dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi, serta memfasilitasi pertumbuhan akademik yang berkelanjutan bagi anak-anak pada tahap pendidikan yang penting ini.
Copyrights © 2024