Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan
Vol. 8 No. 1 (2024): Edisi Bulan Januari

Identifikasi Kemampuan Berpikir Spasial Pada Materi Atmosfer Siswa SMA di Kota Padang

Aliman, Muhammad (Unknown)
Mike (Unknown)
Halek, Dahri Hi (Unknown)
Marni, Silvia (Unknown)
Supriyono (Unknown)
Gusnaldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Berpikir spasial dibutuhkan oleh siswa dalam memahami pembelajaran geografi di SMA. Pemetaan kemampuan berpikir spasial oleh guru diawal pembelajaran dapat memudahkan guru dalam menyusun modul ajar sesuai dengan kurikulum merdeka. Pada artikel ini, tujuan penelitian ini melakukan identifikasi kemampuan berpikir spasial siswa pada materi atmosfer di SMA. Populasi penelitian berjumlah 324 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei terhadap siswa kelas X (Fase E) SMAN 15 Padang. Instrumen berpikir spasial terdiri dari indikator komprehensif, representasi, skala, interaksi spasial, aplikasi dan analisis. Instrumen penelitian telah divalidasi dengan nilai cronbach alfa < 0.709. Responden dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa fase E. Hasil penelitian membuktikan rata-rata kemampuan berpikir spasial pada materi atmosfer siswa SMAN 15 Padang berada pada tingkatan sedang dengan nilai sebesar 50,3%. Penilaian secara detail setiap indikator berpikir spasial dijelaskan dalam artikel ini. Pemetaan lebih awal kemampuan berpikir spasial siswa SMA dibutuhkan dalam memudahkan proses pembelajaran geografi sesuai dengan kemampuan siswa masing-masing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgel

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Jurnal Geografi Edukasi dan Lingkungan (JGEL) ISSN 2579-8499 (print), ISSN 2579-8510 (online) is an national journal in Indonesia published by the Departement of Geography Education, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, concerns with physical geography, human geography, geography techniques, ...