Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam penerapan kurikulum merdeka karena keterbatasan pelajaran, keterbatasan materi dan kurangnya waktu untuk memahami konsep fisika. Implementasi kurikulum merdeka memerlukan dukungan yang memadai untuk mencapai tujuannya. Tujuan penulisan artikel ini untuk memberikan pemahaman mengenai kurikulum merdeka diterapkan dalam pembelajaran fisika, baik dari sudut pandang guru maupun siswa. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara guru dan pengisian kuesioner oleh siswa. Hasil penelitian didapatkan bahwa guru merasa tidak keberatan dengan adanya penerapan kurikulum merdeka karena guru tidak perlu mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) cukup membuat modul pengajaran. Selain itu, kurikulum merdeka dapat membentuk pribadi siswa yang mandiri. Ditinjau dari prespektif siswa, penerapan kurikulum merdeka khususnya dalam pelajaran fisika masih belum maksimal diterima oleh murid, hal ini terjadi karena beberapa faktor yaitu kurangnya kefektifitasan waktu belajar dikelas membuat murid kurang mencerna pelajaran dengan baik, selain itu keterbatasan materi pelajaran yang disediakan dalam buku pembelajaran. Sehingga, penerapan Kurikulum Merdeka pada pelajaran fisika kurang efisien.
Copyrights © 2024