Cendikia Pendidikan
Vol. 5 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II UPT SD NEGERI SIDOREJO 3

Mas Ayu Rafidah (Unknown)
Agus Wardhono (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II UPT SD Negeri Sidorejo 3 setelah diterapkan model Teams Games Tournament berbantuan media question board. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPT SD Negeri Sidorejo 3 dengan jumlah 11 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument penelitian dengan menggunakan lembar tes, lembar observasi aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Analisis data dievaluasi secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus rata-rata peserta didik mencapai ketuntasan pada mata pelajaran matematika dengan 4 siswa mencapai presentase ketuntasan belajar sebesar 36,3%. Sedangkan setelah dilakukan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media question board, rata-rata peserta didik mengalami kenaikan ketuntasan dengan peserta didik mencapai ketuntasan belajar sebesar 63,6% pada siklus I dan 81,8% pada siklus II. Dari data di atas diketahui bahwa nilai rata-rata siswa sudah meningkat dari pra siklus 64, menjadi 77,72 dan 84,54 pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...